Retrain Brains

August 2019

Admin Web

MELATIH KEMBALI SANG OTAK

Insinyur dan peneliti Mike Rother membandingkan cara berpikir secara ilmiah tentang perbedaan menyelesaikan masalah dalam hal navigasi dengan sebuah peta versus dengan sebuah kompas.

“Jika Anda menavigasi dengan peta, Anda telah memutuskan bagaimana Anda akan sampai di tempat yang Anda tuju. Sedangkan, jika Anda  menavigasi dengan kompas, Anda tahu ke mana Anda ingin pergi, tetapi  Anda tidak tahu persis bagaimana Anda akan sampai di sana. Anda akan  mencari tahu itu di sepanjang jalan. Begitulah cara berfikir ilmiah, seperti  menavigasi dengan kompas."

Dia mendefinisikan pemikiran ilmiah sebagai "rutinitas koordinasi yang disengaja antara apa yang kita prediksi akan terjadi selanjutnya, melihat apa yang sebenarnya terjadi, dan menyesuaikan berdasarkan apa yang kita pelajari dari perbedaan."

Masalahnya adalah pemikiran ilmiah bukanlah cara berpikir standar kita. Otak kita cenderung membuat asumsi berdasarkan informasi apa yang tersedia. Ini adalah cara yang lebih cepat dalam mengambil keputusan, suatu keuntungan evolusi bagi manusia purba ketika reaksi cepat sering kali merupakan taktik bertahan hidup yang lebih baik daripada meluangkan waktu untuk memahami situasi sebelum bertindak. Masalahnya bagi para manajer saat ini adalah  bahwa mekanime asumsi otak kita secara itinatus membuat kita cenderung untuk melompat ke solusi.

Untungnya, kita dapat melatih otak kita untuk berfikir secara ilmiah, kata Rother. Dia menjelaskan bagaimana melakukan ini melalui ‘perbaikan kata,” sebuah rutinitas empat langkah yang berulang yang menjadikan perbaikan terus-menerus melalui pemikiran ilmiah sebagai kebiasaan sehari-hari. (A kata adalah latihan melatih dalam seni bela diri Jepang.) Langkah-langkahnya adalah:

  • Tentukan arah atau tantangan
  • Pahami kondisi saat ini
  • Tetapkan kondisi target atau tujuan berikutnya
  • Lakukan eksperimen untuk sampai ke sana

Rother, penulis "Toyota Kata," "Toyota Kata Culture," dan "Toyota Kata Practice Guide," mengatakan peningkatan kata itu bukan metode pemecahan masalah tetapi proses modifikasi perilaku yang membuat orang menjadi pemecah masalah yang lebih baik. "Ini mendukung metode pemecahan masalah saat ini, hal itu tidak menggantikan mereka." Dia menggambarkan peningkatan kata sebagai cara bereksperimen menuju tujuan.

Mengembangkan karyawan dengan mengajari mereka berfikir secara ilmiah, yang merupakan kunci untuk membuat 'lean tools' dan keseluruhan sistem manajemen berfungsi, adalah pekerjaan para manajer dan merupakan cara memberhentikan cara kuno mereka. “Ini bukan tentang sipemecah masalah. Bukan hanya membuat angka. Ini adalah tentang mengembangkan orang yang kemudian membuat angka. "