Customer Service atau Kebaikan Hati?

October 2018

Venny Pratiwi
Odoo Members

CUSTOMER SERVICE ATAU KEBAIKAN HATI?

Apakah ada perbedaan antara customer service dan kebaikan hati? Kisah tentang karyawan McDonald's di Chicago ini menanyakan tentang hal itu. Cerita ini dibagikan oleh Destiny Carreno, seorang pelanngan yang mengamati interaksi di sekitarnya saat berada di restoran. Dia menyaksikan seorang pria tua dengan kursi roda mendekati kasir.

"Pria itu dengan sopan mencoba menanyakan sesuatu kepada kasir dan dia butuh beberapa kali mencoba sebelum kami berdua bisa mengerti dia mengatakan ‘Tolong saya tolong’. Tak satu pun dari kami tahu bantuan apa yang dia butuhkan, dan kasir menyarankan beberapa hal sebelum dia tahu pria itu membutuhkan bantuan memotong dan makan makanannya.

Sejujurnya, saya pikir kasir tidak akan membantu, terutama selama jam sibuk di pusat kota Chicago, tetapi saya terkejut, dia menutup kasir dan menghilang.

Bukan untuk menghindari pria tua tersebut, tetapi untuk mencuci tangannya dan mengenakan sarung tangan! Kasir tersebut keluar dari dapur, duduk, dan mulai memotong makanan pria itu dan membantUnya makan.

Pada saat itu, air mata mulai berkumpul di mataku. Hatiku sangat menghargai apa yang dia lakukan. Saya tidak bisa menahan emosi saya di restoran yang ramai. Kasir tersebut, yang menunda semua pekerjaannya untuk sang pria tua, ia melampaui tanggung jawabnya untuk membantu pria tua tersebut. Itu adalah hal paling baik dan paling sederhana yang pernah saya lihat."

Customer service memang melibatkan kebaikan hati - dengan memberikan sikap sederhana, membagikan kata - kata  yang baik, atau hanya mengambil langkah ekstra untuk menceriakan hari orang lain. Artikel itu bertanya apakah ini customer service atau kebaikan hati? Jawabannya yaitu, KEDUANYA.